Kamis, 28 April 2016

Ramadhan Ceriaa

Ramadhan merupakan salah satu bulan dalam Tahun Hijriah. Bulan ini memiliki banyak keisitimewaan, salah satunya adalah kewajiban shaum untuk Umat Islam. Ramadhan bagaikan seorang tamu agung, dia datang hanya setahun sekali dengan membawa berbagai keistimewaan dan hadiah indah bagi kita sebagai seorang Muslim. Maka selayaknyalah kita menyambutnya dengan kegembiraan.
Suka cita serta sambutan yang meriah selama ini kita lakukan justru saat Ramadhan akan berakhir, karena ada perayaan Lebaran. Padahal seharusnya sebagaimana para Rasulullah dan para sahabat, keceriaan serta sambutan yang meriah itu kita lakukan saat Ramadhan datang.
Ibadah utama yang ada di Bulan Ramadhan adalah ibadah shaum. Namun selain itu ada banyak kesempatan ibadah yang bias kita laukan di Bulan Ramadhan. Agar kita lebih mencintai Ramadhan, yuk kita belajar mengenal istilah-istilah ibadah yang ada di Bulan Ramadhan.

Sahur
Sahur adalah makan pada waktu dini hari sebelum tiba waktu shubuh. Sahur dimaksudkan sebagai bekal kita shaum selama seharian. Meskipun begitu tidak dibenarkan kita terlalu berlebihan dalam makan sahur atau juga meninggalkan sahur. Sunnah dalam sahur adalah mengakhirkannya hingga mendekati waktu shubuh. Sahur merupakan salah satu ibadah di bulan Ramadhan, bahkan Rasulullah saw bersabda bahwa ada banyak barokah dalam sahur.

Ifthar
Ifthar adalah saat berbuka shaum. Ifthar juga merupakan bagian dari ibadah di Bulan Ramadhan. Sunnah dalam ifthar adalah menyegarakannya begitu adzan maghrieb berkumandang dan mendahulukan makan yang manis-manis.

Tarawih
Tarawih adalah shalat malam yang jumlahnya 11 raka’at. Jika di bulan lain shalat ini biasa disebut shalat Lail atau shalat Tahajjud. Maka pada bulan ramadhan shalat ini dinamakan shalat Tarawih karena dilakukan dengan tarawih (santai) bisa dimulai dari bada isya sampai sebelum datangnya waktu shubuh. Tidak ada ketentuan shalat ini dilakukan secara berjama’ah, justru Nabi Muhammad saw lebih senang melakukan shalat ini sendirian saja.

 Tadarus
Tadarus biasa dilakukan oleh Rasulullah saw setiap malam selama bulan Ramadhan bersama Malaikat Jibril. Tadarus yang disunnahkan oleh rasulullah saw adalah dengan ada guru atau pendamping yang akan mengoreksi bacaan al-Qur’an kita. Jadi tidak dilakukan sendirian saja di rumah.

 Shadaqah
Nilai ibadah di Bulan Ramadhan lebih besar 70 kali lipat dibandingkan pada Bulan-bulan lainnya. Untuk itu bulan Ramadhan menjadi kesempatan yang sangat indah untuk kita menimbun amal. Salah satunya melalui amalan termudah yaitu shadaqah. Karena bentuk dan banyaknya shadaqah tidak dibatasi, kriterianya hanya keikhlasan kita membahagiakan orang lain.

Itikaf
Itikaf adalah ibadah special yang hanya ada di Bulan Ramadhan. Itikaf adalah berdiam diri dan menyibukkan diri untuk hanya beribadah kepada Allah di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Itikaf dilakukan di dalam mesjid dan menjadi batal saat kita keluar mesjid sebelum sempurna itikaf kita. Itikaf adalah salah satu cara untuk meraih Lailatul Qadar, sebuah kemuliaan yang hanya ada di Bulan Ramadhan. Itikaf juga merupakan bukti kecintaan kita pada Bulan yang mulia ini. Bukti bahwa kita sebagaimana para sahabat yang bergembira dengan datangnya Ramadhan dan sangat bersedih dengan berakhirnya Ramadhan.

Zakat
Sebagai penyempurna seluruh rangkaian ibadah kita di Bulan Ramadhan. Allah mewajibkan semua umatnya untuk mengeluarkan Zakat Fitrah di akhir Bulan Ramadhan. Zakat fitrah wajib dikeluarkan bukan hanya oleh orang dewasa, namun juga anak-anak, balita bahkan bayi yang masih ada di dalam kandungan.


Itulah beberapa sekelumit ibadah-ibadah special di Bulan Ramadhan. Mari kita smbut Ramadhan dengan hati yang gembira agar Ramadhan kita ceriaaa.

#ODOPfor99days
#day78

Tidak ada komentar:

Posting Komentar