Senin, 25 April 2016

Ayat-ayat Serta Hadits Tentang Posisi Wanita Dalam Islam

POSISI WANITA DALAM ISLAM
Insania Zakiyah

1. "Hai manusia, Sesungguhnya kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal" (Al-Hujurat ayat 13).

2. Barangsiapa yang mengerjakan amal-amal saleh, baik laki-laki maupun wanita sedang ia orang yang beriman, Maka mereka itu masuk ke dalam surga dan mereka tidak dianiaya walau sedikitpun. (QS An-Nisaa ayat 124)

3. Barangsiapa mengerjakan perbuatan jahat, maka dia tidak akan dibalas melainkan sebanding dengan kejahatan itu… (QS Ghafir ayat 40)

4. Maka tatkala isteri 'Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: "Ya Tuhanku, Sesunguhnya Aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya Aku Telah menamai dia Maryam dan Aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk." (QS Ali Imran ayat 36)

5. Ali ra telah berkata: Sifat yang paling jelek pada lelaki adalah sifat yang paling baik dimiliki oleh perempuan, yaitu: bakhil, kecut (tidak ramah) dan penakut, karena jika perempuan itu bakhil (kikir) ia akan dapat menjaga hartanya dan harta suaminya. Dan jika ia bersifat kecut ia akan dapat menahan (membatasi dirinya) untuk berbicara terhadap orang lain dengan perkataan yang lembut dan memikat. Kemudian jika ia bersifat penakut, ia akan takut terhadap segala sesuatu, sehingga ia tidak akan keluar dari rumahnya dan menjauhi tempat-tempat yang bisa menimbulkan fitnah, karena takut akan suaminya (Uqudul al-Lujain hal. 8).

6. Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka (laki-laki) atas sebahagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka wanita yang saleh ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara mereka… (QS An-Nisa ayat 34)

7. Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang ma'ruf. Akan tetapi para suami mempunyai satu tingkatan kelebihan darpada istrinya (QS al-Baqarah ayat 228).

8. Dan apabila seseorang dari mereka diberi kabar dengan (kelahiran) anak perempuan, hitamlah (merah padamlah) mukanya, dan dia sangat marah. Ia menyembunyikan dirinya dari orang banyak, disebabkan buruknya berita yang disampaikan kepadanya. apakah dia akan memeliharanya dengan menanggung kehinaan ataukah akan menguburkannya ke dalam tanah (hidup-hidup) ?. Ketahuilah, alangkah buruknya apa yang mereka tetapkan itu. (QS an-Nahl ayat 58-59)

9. Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bagian daripada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohon lah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu (QS an-Nisa ayat 32)


10. Dan Kami perintahkan kepada manusia untuk berbuat baik kepada kedua orangtuanya, (terlebih) ibunya yang telah mengandungnya dengan susah payah dan menyusuinya hingga dua tahun, bersyukurlah kepadaKu dan kepada kedua orangtuamu. Hanya kepadaKulah tempat kembali (QS Luqman ayat 14)

#ODOPfor99days
#day73

Tidak ada komentar:

Posting Komentar