Sabtu, 28 September 2013

Golden Age

     Golden Age atau masa keemasan sering dikaitkan dengan masa pertama perkembangan manusia. Para pakar berbeda pendapat tentang rentang usia golden age ini, ada yang mengatakan 0-3 tahun,0-5 tahun, ada pula yang mengatakan 0-8 tahun.  Istilah golden age sendiri diperkenalkan oleh Sigmund Freud, seorang tokoh psikologi beraliran psikoanalisis. Istilah ini merujuk pada pentingnya memberikan perhatian yang lebih pada rentang usia awal masa pertumbuhan anak-anak.
     Setidaknya ada dua ciri perkembangan yang penting pada masa ini, sehingga disebut sebagai masa peka. Pertama pertumbuhan fisik anak yang terjadi sangat pesat dan dramatis. Kedua pada perkembangan cara berpikirnya.
Pertumbuhan fisik pada masa awal anak-anak sangat pesat. Hal ini terjadi pada fungsi-fungsi syaraf dan motorik. Terjadi proses myelinization (proses pembentukan lapisan urat syaraf dalam otak). Lapisan ini membantu impuls-impuls syaraf secara cepat yang memungkinkan pengontrolan terhadap kegiatan-kegiatan motorik lebih seksama dan efisien. Dibutuhkan nutrisi yang baik yang dapat menunjang baiknya pola pertumbuhan fisik pada masa ini.
 Perkembangan berpikir anak pada masa ini berada pada tahap pra-operasional, ditandai dengan: 1)symbolic function, kemampuan menggunakan sesuatu untuk mewakili sesuatu yang lain dengan menggunakan symbol; 2) semiotic function, kemampuan menggunakan symbol untuk menggambarkan suatu benda atau peristiwa. Dengan kemampuan ini anak memiliki imajinasi dan daya kreatifitas yang tinggi. Sehingga dibutuhkan stimulasi yang baik agar perkembangan cara berpikirnya dapat dioptimalkan.

#ODOPfor99days
#day96

Tidak ada komentar:

Posting Komentar